Jumaat, 11 November 2011

Pandangan Belas Kasih Sesama Islam

Assalamualaikum, 

Bismillah, Mari kita bahas mengenai satu jenis pandangan dari berbagai jenisnya yang banyak, yaitu jenis pandangan belas kasih kepada orang-orang Islam dan pandangan hormat kepada orang-orang mukmin. Pandangan ini memiliki pengaruh yang hebat di dalam hati dan dalam membangun hubungan antara sesama manusia.

Bila senyum yang tersungging di bibir seorang mukmin sudah menjadi sedekah karena dapat membangkitkan ikatan kerukunan dan menggoreskan perasaan baik di hati,maka pandanhgan suka, belas kasih dan hormat kepada orang mukmin merupakan kebaikan agung yang sangat besar pahalanya dan memiliki pengaruh positif yang cepat dalam membina hubungan baik sesama manusia, dalam mewujudkan kerukunan antar personalia sebuah keluarga atau masyarakat secara merata.Bia pandangan mata semacam ini tegak,maka kebaikan akan tersebar merata di tengah-tengah mereka.

Bila meremehkan saudara sesama Muslim merupakan keburukan yang sudah cukup (besar) bagi seseorang,maka menghormati saudara sesama Muslim juga merupakan kebaikan yang cukup besar baginya.Begitu juga pandangan suka,belas kasih,sayang,dan rindu.

Pandangan mata macam ini sudah banyak hilang dari kehidupan manusia.Ahirnya,mereka banyak kehilangan hal-hal baik dalam berbagai macam sisi,semisal hal yang terkait dengan kekeluargaan,persaudaraan, hubungan rumah tangga dan hubungan orang tua serta anak.Bila pandangan belas kasih dan sayang hilang maka hancurlah keseimbangan keluarga, hilanglah ketentramannya dan rusaklah tali pengikat yang berada di antara mereka.

Oleh karena itu,merupakan sebuah keniscayaan meluruskan pandangan mata dan membangun pandangan belas kasih,sayang dan kecintaan antara sesama muslimin,seluruhnya, antara famili,tetangga ,teman,kawan dan orang – orang yang disatukan oleh sebuah masjid, madrasah atau kantor tertentu.Ini sangat berguna dalam membangun kehidupan kekeluargaan dan kehidupan sosial.Manfaatnya akan terasa sampai ke wilayah aktivitas perdagangan dan interaksi-interaksi untuk kepentingan duniawi.


Sumber Kitab Mamlakatul Qalbi wal A’dha’

  1. Belas Kasihan Sesama Manusia 1

    almuttaqin.tv
    Disampaikan oleh: Shamsuri Hj Ahmad

  2. Belas Kasihan Sesama Manusia 2

    almuttaqin.tv
    Disampaikan oleh: Shamsuri Hj Ahmad

  3. Belas Kasihan Sesama Manusia 3

    almuttaqin.tv
    Disampaikan oleh: Shamsuri Hj Ahmad